THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Sabtu, 11 April 2009

BIOGRAFI PRESIDEN R.I I


Ir.Soekarno lahir di Blitar Jawa Timur 06 Juni 1901.
Soekarno dilahirkan dengan nama Kusno Sosrodihardjo. Ayahnya bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo, seorang guru di Surabaya, Jawa. Ibunya bernama Ida Ayu Nyoman Rai berasal dari Buleleng, Bali.
Ketika kecil Soekarno tinggal bersama kakeknya di Tulungagung, Jawa Timur. Pada usia 14 tahun, seorang kawan bapaknya yang bernama Oemar Said Tjokroaminoto mengajak Soekarno tinggal di Surabaya dan disekolahkan ke Hoogere Burger School (H.B.S.) di sana sambil mengaji di tempat Tjokroaminoto. Di Surabaya, Soekarno banyak bertemu dengan para pemimpin Sarekat Islam, organisasi yang dipimpin Tjokroaminoto saat itu. Soekarno kemudian bergabung dengan organisasi Jong Java (Pemuda Jawa).
Tahun 1920 Soekarno tamat H.B.S. dan melanjutkan ke Technische Hoge School (sekarang ITB) di Bandung, dan tamat pada tahun 1925. Saat di Bandung, Soekarno berinteraksi dengan Tjipto Mangunkusumo dan Dr. Douwes Dekker, yang saat itu merupakan pemimpin organisasi National Indische Partij.
Ir. Soekarno1 adalah Presiden Indonesia pertama yang menjabat pada periode 1945-1966. Ia memainkan peranan penting untuk memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan Belanda. Ia adalah penggali Pancasila. Ia adalah Proklamator Kemerdekaan Indonesia (bersama dengan Mohammad Hatta) yang terjadi pada tanggal 17 Agustus 1945.
Ir.Soekarno menerbitkan Surat Perintah 11 Maret 1966 (Supersemar) yang antara lain isinya adalah menugaskan Letnan Jenderal Soeharto untuk mengamankan dan menjaga kewibawaannya. Tetapi Supersemar tersebut disalahgunakan oleh Letnan Jenderal Soeharto untuk merongrong kewibawaannya dengan jalan menuduhnya ikut mendalangi Gerakan 30 September. Tuduhan itu menyebabkan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara yang anggotanya telah diganti dengan orang yang pro Soeharto, mengalihkan kepresidenan kepada Soeharto,bahkan dengan surat tersebut Soeharto mengambil langkah-langkah yang tidak sesuai dengan isinya. sehingga kewibawaan Soekarno jatuh akibat dituduhnya Soekarno ikut mendalangi Gerakan tersebut.hingga kini supersemar masih kontroversial.
Setelah jatuh dalam kursi Kepresidenan dan di ganti oleh Soehato, kondisi Soekarno makin memburuk dan sangat memprihatinkan, bahkan oleh pemerintahan Soeharto, Soekarno dipenjarakan dalam status tahanan politik dan tidak boleh menerima dan berkunjung kemana pun, apalagi keluarga maupun saudaranya yang ingin menjenguk.
Setelah 4 tahun dikucilkan dan mendekam di wisma Yaso hingga penyakitnya pun tidak kunjung sembuh, maka Soekarno meninggal pada 21 Juni 1970 di Rumah Sakit Gatot Subroto, Jakarta. Jenazahnya dikebumikan di tempat kelahirannya di Blitar, Jawa Timur.
Istri dan Anak sukarno :
- Oetari
- Inggit Garnasih
- Fatmawati anak : Guntur, Megawati, Rachmawati, Sukmawati dan Guruh
- Hartini anak : Taufan dan Bayu
- Ratna Sari Dewi Soekarno (Naoko Nemoto) anak : Kartika
- Haryati

Pendidikan:
- HIS di Surabaya (indekos di rumah Haji Oemar
- Said Tokroaminoto, politisi kawakan pendiri Syarikat Islam)
- HBS (Hoogere Burger School) lulus tahun 1920
- THS (Technische Hoogeschool atau sekolah Tekhnik Tinggi yang sekarang menjadi
- ITB) di Bandung lulus 25 Mei 1926

Ajaran: Marhaenisme

Kegiatan Politik:
Mendirikan PNI (Partai Nasional Indonesia) pada 4 Juli 1927
Dipenjarakan di Sukamiskin, Bandung pada 29 Desember 1929
Bergabung memimpin Partindo (1931)
Dibuang ke Ende, Flores tahun 1933 dan Empat tahun kemudian dipindahkan ke Bengkulu.
Merumuskan Pancasila 1 Juni 1945
Bersama Bung Hatta memproklamasikan kemerdekaan RI pada 17 Agustus 1945
(dikutip dari berbagai sumber)
http://tokohindonesia.com/
Back To : chulay212

0 komentar: