THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Jumat, 17 April 2009

Sekilas SMP Negeri 206 Jakarta


JLN. MERUYA SELATAN KEMBANGAN JAKARTA BARAT TELP. (021) 5850 137 FAKS. (021) 5890 4004 KODE POS 11650

SMP Negeri 206 Jakarta pada awalnya bernama SMP Negeri 88 Filial (Kelas Jauh), setelah lebih kurang 3 tahun berdiri, maka pada tahun 1982 secara resmi mendapat “nama” yaitu SMP Negeri 206 Jakarta.

Sekalipun SMP Negeri 206 Jakarta masih relatif baru, namun mengalami perkembangan yang cukup pesat. Prestasi siswa, baik akademik maupun non-akademik dari waktu ke waktu selalu diperoleh baik di tingkat kecamatan, kodya maupun provinsi.

Kegiatan pembelajaran, kompetensi guru (pedagogik, profesional, pribadi dan sosial) dan kinerja karyawan selalu ditingkatkan mutunya melalui pendidikan dan pelatihan. Sarana dan prasarana pembelajaran ditingkatkan baik kualitas maupun kuantitasnya secara bertahap sehingga diharapkan mampu memenuhi tuntuntan dalam standar nasional pendidikan.

Melalui observasi dan verifikasi yang dilakukan oleh tim independen yang ditetapkan oleh Depdiknas dan BSNP yaitu meliputi: hasil ujian nasional/output, proses pembelajaran, sarana dan prasarana sekolah, kompetensi guru dan karyawan, potensi siswa dan orangtua, proposal Rencana Pengembangan Sekolah dan lain-lain, maka sejak tahun pelajaran 2004/2005 SMP Negeri 206 Jakarta ditetapkan sebagai Sekolah Standar Nasional (SSN) oleh Departeman Pendidikan Nasional (SK. No. H47a/C3/SK/2004).



I.Visi dan Misi

Visi
Unggul dalam prestasi dan berbudi luhur berdasarkan iman dan taqwa.
Misi
1. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif sehingga setiap siswa dapat berkembang secara optimal sesuai dengan potensi yang dimiliki
2. Mendorong dan membantu siswa untuk mengenali potensi dirinya sehingga dapat dikembangkan secara optimal.
3.Menumbuh-kembangkan penghayatan terha-dap ajaran agama yang dianut para siswa.
4. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif kepada seluruh warga sekolah.
5. Menanamkan rasa cinta terhadap lingkungan alam sekitar dan tanah air kepada seluruh warga sekolah

II. Kurikulum
Sebagai Sekolah Standar Nasional, SMP Negeri 206 Jakarta sejak tahun 2003/2004 telah menerapkan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Pada tahun pelajaran 2006/2007 seluruh siswa kelas VII, VIII dan IX telah menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang disusun sesuai dengan potensi yang dimiliki oleh sekolah.

III. Kegiatan Ekstrakurikuler/Pengembangan Diri
1. Pramuka 6. Bola basket
2. Palang Merah Remaja 7. Paskibra
3. Wushu 8. English Club
4. Tae Kwon Do
5. Rohani Islam/Pengajian dan Marawis

IV. Sarana dan Prasarana
1. Ruang belajar (Fan/Kipas angin)

2. Ruang Perpustakaan (AC)

3. Ruang Laboratorium IPA (AC)

4. Ruang Laboratorum Komputer (P4, mampu akses Internet broadband dan AC)

5. Mushola

6. Ruang BP/BK

7. Kantin dan Koperasi

8. Lapangan Olahraga/Upacara

9. Ruang Guru/Kasek/TU

10. Temapt Parkir dan kamar kecil

V. Prestasi Siswa
Prestasi akademik siswa dalam setiap Ujian Nsional selalu menjadi yang terbaik di tingkat kecamatan Kembangan dan peringkat 4 atau 5 di wilayah Kotamadya Jakarta Barat.
Jumlah SMP negeri : Kecamatan 7, Kodya 50 dan Provinsi 290

Prestasi Non-akademik diantaranya terpilihnya 2 orang dari Ekskul Pramuka mewakili Indonesia dalam Jambore Internasional di Thailand pada tahun 2000. Ekskul unggulan adalah Pramuka dan Paskibra.

VI. Sistem Penerimaan Siswa Baru Kelas VII
Sistem penerimaan siswa baru kelas VII seluruh SMP negeri di Provinsi DKI Jakarta dilakukan secara Online (internet) yang ditangani oleh Panitia PSB tingkat provinsi dengan mengikuti tes akademik umum (TAU) yang dilakukan secara serentak di seluruh wilayah DKI Jakarta. Calon siswa melakukan pendaftaran sebagai peserta TAU ke SMP negeri yang terdekat (Calon siswa dari luar DKI mendaftar ke Rayon). Setelah hasil TAU diumumkan, calon siswa melakukan pendaftaran atau memilih SMP negeri tujuan. Calon siswa yang diterima akan diumumkan melalui internet dan papan pengumuman di SMP tujuan dan sekolah asal.

VII. Tenaga Kependidikan
SMP Negeri 206 Jakarta, dikelola oleh tenaga pendidikan yang profesional dan mempunyai kompetensi yang optimal, yaitu terdiri dari 40 orang guru (S2, S1 dan D3) dan 15 orang tenaga administrasi/petugas kebersihan/keamanan, dll.

VIII. Biaya Pendidikan dan Beasiswa Berprestasi
Biaya operasional sekolah bersumber dari APBD (BOP) dan APBN (BOS). Mulai tahun pelajaran 2007/2008 tidak dipungut Sumbangan Rutin Bulanan (SRB) Komite Sekolah. Sementara itu bagi siswa-siswi yang memperoleh prestasi akademik terbaik, akan diberikan penghargaan.

IX. Lingkungan Sekolah dan Transportasi
Gedung SMP Negeri 206 Jakarta berada di tengah-tengah lingkungan pemukiman penduduk yang jauh dari keramaian (pasar, mal, terminal, stasiun, bandara, jalan raya, pabrik, lintasan KA, dll), sehingga sangat kondusif untuk pembelajaran. Namun mudah diakses dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, baik dari DKI Jakarta maupun luar DKI Jakarta. Kendaraan umum (Metromini B 92 (Grogol-Ciledug), S 70 (Joglo-Blok M), Angkot B 03 (Grogol-Komp Walikota), C 13 (Pesing-Ciledug), B 09 (Kreo-Taman Kota), B 10 (Taman Kota-Petukangan)

X. Sekolah Standar Nasional (SSN)
Sekolah Standar Nasional pada dasarnya merupakan sekolah yang dinilai oleh Departemen Pendidikan Nasional sebagai sekolah yang telah memenuhi atau mendekati standar nasional pendidikan (SNP) yang ditetapkan, yaitu standar isi/kurikulum, proses pembelajaran, kelulusan, manajemen, tenaga kependidikan, penilaian, fasilitas (sarana/ prasarana) dan pembiayaan. Di wilayah kotamadya Jakarta Barat terdapat 50 SMP negeri dan yang pertama kali menjadi sekolah standar nasional hanya SMP Negeri 75, SMP Negeri 45 dan SMP Negeri 206 Jakarta.

XI. Bagaimana masuk ke SMPN 206 Jakarta.
Kepada calon siswa yang berminat masuk ke SMP Negeri 206 Jakarta, caranya adalah pada waktu melakukan pendaftaran (memilih SMP negeri tujuan), pilihlah SMP Negeri 206 Jakarta sebagai pilihan pertama (Nomor 1).

XII. Nilai Lebih SMP Negeri 206 Jakarta
1.Mempunyai mutu yang baik dan merupakan Sekolah Standar Nasional
2.Berada di lokasi yang kondusif dan nyaman untuk pembelajaran serta mudah di akses.
3.Dikelola oleh SDM yang profesional dan berkompeten
4.Mempunyai fasilitas pembelajaran yang memadai

XIII. Catatan Penting
1. SMP Negeri 206 Jakarta merupakan satu-satunya SMP Negeri di Kelurahan Meruya Selatan dan sarana pelayanan publik milik negara (Pemda DKI Jakarta) yang sangat vital dan sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

2. SMP Negeri 206 Jakarta merupakan salah satu aset Pemda DKI Jakarta yang tidak akan dieksekusi oleh putusan MA (Pernyataan kuasa hukum PT. Portanigra di hadapan sidang Komisi II DPR RI, Republika, Selasa, 15 Mei 2007, hal 6) dan SMPN 206 Jakarta tidak akan tersentuh oleh permasalahan tanah di Meruya Selatan (Pos Kota, Jum’at, 11 Mei 2007, halaman 11).

3. Pemerintah DKI Jakarta akan mempertahankan secara serius keberadaan SMP Negeri 206 Jakarta dan fasilitas umum lainnya (disampaikan oleh Gubernur, Kepala BPN DKI, dan DPRD DKI dalam kunjungannya ke Meruya Selatan), oleh karena itu kepada para siswa, orangtua/wali, dan calon siswa/orangtua/wali untuk tetap tenang, tidak perlu takut atau khawatir terhadap kelancaran pembelajaran di SMPN 206 Jakarta.

UNTUK IFORMASI LEBIH LENGKAP HUBUNGI :
TELP. (021) 5850 137 FAKS (021) 5890 4004
E-Mail : surat@smpn206jkt.sch.id
ATAU KUNJUNGI WEBSITE KAMI DI :
www.smpn206jkt.sch.id

BACK TO : CHULAY212

0 komentar: